Strategi Untuk Memenangkan Persaingan
Semakin hari penduduk dunia bertambah jumlahnya.Ini dikarenakan angka
kelahiran lebih besar daripada angka kematian.Tentunya fenomena ini
menjadi sesuatu yang harus dipikirkan karena sumber daya yang dimiliki
di dunia sangat terbatas jika manusia tidak kreatif dalam
pengelolaannya.
Sebenarnya
hal ini memiliki 2 sisi yaitu sisi positif dan negatif dan mungkin akan
ada tanggapan yang lain mengenai kejadian ini. Menurut penulis, sisi
positifnya adalah semakin besarnya peluang munculnya orang-orang yang
kreatif di dunia yang dapat membawa dunia ke arah yang lebih baik. Sisi
negatifnya, akan memunculkan persaingan yang lebih kompetitif. Kenapa
persaingan kami anggap sebagai sisi negatif? Jika sebuah persaingan
dilakukan atau dijalani dengan cara-cara yang tidak merugikan dirinya
sendiri dan lingkungannya tentu tidak akan menjadi masalah tetapi
penulis melihat persaingan yang ada di zaman sekarang banyak dilakukan
dengan cara yang tidak sesuai dan bahkan merugikan lingkungan sekitar.
Oleh karena itulah, penulis mencoba membuat makalah singkat mengenai
persaingan terutama di dalam ruang lingkup usaha atau bisnis.
Persaingan, mungkin kata ini sudah sangat familiar ditelinga para
pebisnis yang ada diseluruh penjuru dunia ini, entah itu bagi pebisnis
yang notabene baru memulai usaha dan itu pun dalam skala yang masih
relative dibilang kecil, ataupun pebisnis yang telah mencapai tingkat
kemapanan dan telah lama berkecimpung didalam dunia bisnis sehingga teah
banyak mengenyam asam garam sebagai pebisnis yang sukses. Di dalam
sebuah persaingan, pasti ada gesekan-gesekan antar individu ataupun
perusahaan tentunya bertujuan untuk memenangkan market share dari produk
yang dipasarkan oleh perusahaan.Untuk mencapai hal tersebut tidak
jarang seperti yang sudah dikatakan di paragraf sebelumnya beberapa
perusahaan menggunakan jalan pintas yang tidak benar seperti yang kita
lihat di dunia politik. Untuk itulah makalah ini dibuat dan secara umum
banyak hal yang bisa dilakukan tetapi penulis mencoba merangkum menjadi
3 bagian utama diantaranya :
BE THE FIRST
Banyak
orang yang bilang ketika kita ingin memulai sebuah usaha atau bisnis
kita harus mempertimbangkan produk yang ingin dijual, apakah produk
tersebut akan diterima di pasar. Dan mungkin ini juga akan menjadi
pertanyaan dasar ketika ingin memulai usaha atau bisnis. Kita pun harus
menentukan apakah perusahaan atau usaha yang didirikan ingin membuat
pasar atau mengikuti pasar.Membuat pasar berarti perusahaan yang
didirikan harus menciptakan sebuah produk yang belum ada dan produk ini
sekiranya memiliki nilai guna atau value bagi pasar. Dan jika mengikuti
pasar berarti produk yang dbuat oleh perusahaan sebenarnya sudah ada
tetapi hanya menambahkan spesifikasi yang lain dan tentunya lebih unggul
dari produk yang sudah ada. Perusahaan yang menciptakan pasar bisa
dinamakan pionir di bisnis tersebut.
Berdasarkan
yang dipaparkan di paragraf di atas, orang atau perusahaan yang
menciptakan pasar berarti first mover atau perusahaan pertama yang
terjun di dalam bisnis tersebut.Itulah salah satu strategi untuk
memenangkan persaingan di dalam bisnis yaitu dengan menjadi orang
pertama yang terjun ke dalam bisnis dimana belum ada orang yang menjamah
bidang tersebut.
Orang
yang pertama dalam menjalankan suatu bisnis akan memberikan Anda
peluang kesuksesan lebih besar dibanding menjadi seorang
follower.Menjadi yang pertama membuat Anda dikenal lebih awal dan
dianggap sebagai pelopor bisnis Anda. Sebuah kategori produk/jasa yang
benar-benar baru menjadikan Anda pemain tunggal di kategori tersebut dan
tidak perlu berkompetisi dengan pebisnis yang lain. Jika memang ada
nilai guna atau value yang dimunculkan sedikit saja di awal dengan
syarat value produk tersebut melebihi produk yang memiliki kemungkinan
menjadi produk substitusi, itu akan membuat produk dari perusahaan cepat
dikenal dan bahkan akan menguasai pasar hingga lebih dari 50%.
Pasar
hanya perlu diedukasi tentang manfaat dan fitur produk/jasa yang Anda
tawarkan jika produk tersebut memang memberikan solusi bagi
konsumen.Setelah itu, tinggal menunggu waktu untuk melihat bisnis Anda
menggelinding seperti bola salju meraih kesuksesan tentunya dengan
meningkatkan lagi nilai guna atau value dari produk tersebut.
Contoh
kasusnya adalah dari Honda.Apakah masih ingat ketika Honda ragu-ragu
(akan penerimaan pasar) untuk mengeluarkan produk skuter matik? Yamaha
lah akhirnya yang memenangkan persaingan dan mendapat keuntungan besar,
karena berani berspekulasi menjadi yang pertama mengeluarkan produk
skutiknya. Dan Honda pun akhirnya harus membayar mahal
‘keragu-raguannya’, dengan image baru bahwa motor skutik adalah Yamaha.
Persaingan
ini berawal ketika di tahun 2006 pasar mulai jenuh dengan produk sepeda
motor yang seperti itu saja. Kemudian Yamaha mencoba merancang desain
dari skuter matik.Ini dibuat tentunya dengan beberapa alasan salah
satunya adalah kemacetan.Mobil dengan system automatic bisa laku di
pasar tetapi kenapa motor tidak. Sebelumnya pun sudah ada sebenarnya
produk skuter matik dari Cina dengan nama kymco tetapi kurang laku di
pasar karena kualitas yang buruk. Untuk itu Yamaha merancang dan membuat
konsep skuter matik hingga pemasarannya seperti apa salah satunya
dengan memberikan edukasi dan test drive mengenai motor skuter matic.
Ketika
Yamaha Mio diluncurkan ini menjadi fenomena. Honda yang pada awalnya
menguasai pasar sepeda motor hingga 50% dengan munculnya Yamaha Mio
market share di lini produk tersebut menjadi berubah. Yamaha hampir
menyamai marketi share Honda dari keseluruhan pasar sepeda motor
kemudian diikuti dengan Suzuki di peringkat ketiga. Hingga sekarang di
Indonesia Honda dan Yamaha bersaing menjadi yang terbaik tetapi di lini
produk motor matik Yamaha masih sangat menguasai.
Contoh
kasus di atas merupakan salah satu contoh menjadi yang pertama di dalam
sebuah pasar atau permintaan.Yamaha tetap dengan sepeda motornya tetapi
dengan system matik dan perbaikan kualitas dapat menguasai pasar di
lini produk tersebut.
BE THE DIFFERENT
Setelah
kita mengetahui bagaimana ketuntungan menjadi yang pertama dalam
memenangkan suatu persaingan bisnis. Kini kita akan menguak rahasia
kedua bagaimana cara untuk memenangkan suatu persaingan bisnis, yakni
menciptakan suatu perbedaan dari produk barang atau jasa yang sudah
eksis saat ini. Memang bisa dikatakan menjadi yang pertama itu sangat
sulit, butuh suatu tingkat kreativitas yang tinggi dan daya imajinasi
yang cukup jauh untuk bisa menciptakan produk barang atau jasa yang
memang belum pernah ada sebelumnya, kita bisa melakukan suatu
improvement dengan menciptakan perbedaan dari suatu produk barang atau
jasa tersebut.Diferensiasi produk ini pun bisa dilakukan dengan
caramenciptakan produk yang berbeda, memberikan pelayanan yang berbeda,
atau menciptakan image produk yang unik dan berbeda dari pesaing
lainnya. Dengan begitu sebuah produk akan lebih mudah dikenali dan
memberikan daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Sehingga mereka
lebih memilih produk Anda, dibandingkan produk lainnya yang ada di
pasaran.
Adapun
keuntungan keuntungan yang dapat kita rengkuh dari penerapan melakukan
diferensiasi produk yang pertama adalah produk kita akan lebih mudah
diingat para konsumen. Hal ini jelas terjadi karena produk barang atau
jasa yang kita tawarkan memiliki keunikan tersendiri bagi para konsumen,
sehingga tanpa disadari oleh konsumen barang atau jasa yang ditawarkan
oleh kita telah ternanam dibenak para konsumen tesebut. Apabila konsumen
sudah mengingat produk kita, bukan hal yang mustahil konsumen akan
menjadi royal terhadap produk yang kita tawarkan. Yang kedua dari
keuntungan diferensiasi produk yakni produk kita akan dianggap lebih
unggul dari para pesaing, jelas hal ini terjadi karena kita melakukan
suatu perbedaan dari produk yang sudah eksisting lainnya. Dibenak
konsumen pun akan tertanam bahwa produk A yang notabene lebih ‘unik’ dan
dapat menciptakan suatu suasana atau pengalaman yang berbeda akan lebih
dianggap unggul ketibang produk B yang mengeluarkan produknya yang tak
ubahnya sudah dikeluarkan oleh produk C,D ataupun E. Selanjutnya
keuntungan yang didapat dari diferensiasi produk ini adalah harga jual
produk kita yang lebih tinggi, jelas hal ini dapat dilakukan karena kita
melakukan suatu improvement yang berbeda dari produk yang dikeluarkan
pesaing lainnya, hal ini disebabkan oleh perasaan konsumen yang baru dan
berbeda ketika memakai produk kita ketibang produk pesaing, jadi
konsumen pun tak akan terlalu bermasalah apabila produk kita
memposisikan diri lebih mahal ketibang produk pesaing yang sajenis. Yang
selanjutnya adalah kita dapat mengatasi masalah kejenuhan pasar, jelas
pasar akan menjadi jenuh dan bosan apabila terus menerus disuguhkan
produk yang monoton dan sama dengan produk produk pesaing lainnya, jadi
dengan adanya perbedaan dari produk pesaing lainnya yang sudah ada,
konsumen pun akan merasa mendapatkan hal yang baru dan rasa kejenuhan
terhadap produk yang eksisting sebelumnya akan menjadi dapat
terpecahkan. Yang terakhir adalah produk kita akan terbantu untuk
terciptanya image produk yang ada dibenak konsumen. Karena perbedaan
yang kita lakukan tersebut, image produk kita dibenak konsumen akan
menempel dengan erat karena perbedaannya dari yang lain tersebut dan itu
jelas suatu keuntungan real yang akan kita dapatkan apabila kita
melakukan improvement berupa melakukan perbedaan produk ketibang produk
pesaing lainnya.
Bisa
kita ambil contoh restaurant Blind. Memang makanan di restaurant ini
sudah sangat lumrah sekali ditemukan di restaurant restaurant di
Indonesia, jadi memang kalo soal menu makanan tidak ada yang ‘aneh’ yang
membuat mereka berbeda dengan restaurant yang lainnya, namun restaurant
ini melakukan sesuatu improvement pelayanan jasa dari restaurant ini
yang membuat mereka berbeda dari para pesaingnya yakni mereka
menciptakan suatu suasana yang berbeda dari restaurant restaurant yang
sudah ada sebelumnya. Mereka membuat restaurant mereka dengan keadaan
yang gelap gulita, tanpa adanya penerangan sedikitpun. Bahkan sebelum
masuk ke tempat makan para konsumennya, pelayanan dari restaurant Blind
ini ‘menyidak’ segalam macam barang barang dari konsumen yang sekiranya
dapat menimbulkan suatu cahaya dan meyebabkan restaurant ini tidak
sepenuhnya gelap gulita lagi. Saat makan pun konsumen benar benar
disuguhkan spot yang benar benar gelap gulita yang membuat pengalaman
baru dari para konsumennya dengan menciptakan suasana yang gelap gulita
tersebut.Dengan adanya improvement dari pelayanan jasa yang dilakukan
restaurant Blind ini dengan menciptakan suatu keadaan restaurant yang
benar benar gelap gulita, konsumen benar benar diberikan suatu
pengalaman yang sangat unik dan berbeda dari restaurant lainnya yang
menyebabkan mereka menginginkan sensasi ‘makangelap-gelapan’ lagi Yang
hanya akan dirasakan di restaurant Blind ini. Jelas, dengan melakukan
suatu perbedaan ini sangat terbukti ampuh menarik para konsumen dan
memenangkan persaingan ( dalam hal ini memenangkan persaingan diranah
kuliner ), padahal menu makanan yang mereka tawarkan sudah sangat lumrah
sekali ditemukan direstaurant lainnya, namun mereka melakukan perbedaan
dipelayanan jasanya. Jadi, apabila tidak bisa menjadi yang pertama dan
membuka cabang usaha baru, laukanlah suatu perbedaan dari produk barang
atau jasa yang sudah ada.
BE THE BEST
Setelah
kita menguak habis akan bagaimana cara kita untuk memenangkan
persaingan dengan cara melakukan suatu diferensiasi produk dan juga
menjadi yang pertama dalam penciptaan produk baru, selanjutnya kita akan
membahas mengenai ‘jadilah yang terbaik’. Apabila kita tidak bisa
menjadi yang pertama melaunching produk ataupun melakukan perbedaan
produk dari para pesaing kita, lakukanlah atau jadilah yang terbaik
dari line bisnis yang kita pilih. Jelas apabila kita menjadi yang
terbaik kita akan dapat menguasai pasar yang akan kita tuju.
Cara
termudah agar kita menjadi salah satu perusahaan dengan produk terbaik
adalah mencari salah satu faktor yang bisa kita jadikan kelebihan kita
yang ada pada produk kita. Kita maksimalkan kelebihan apa sih yang akan
ditonjolkan oleh produk kita. Jangan melulu berfokus kepada kelemahan
kelemahan yang ada pada produk kita. Karena apabila kita dapat
memaksimalkan suatu kelebihan yang produk kita miliki, bukan tidak
mungkin para pesaing akan tergopoh gopoh untuk bersaing dengan produk
kita. Selain itu hal yang terfokus itu sangat baik sekali dan akan
menghasilkan output yang sangat besar pula. Memang baik apabila kita
menambal kekurangan kekurangan dari produk kita, namun itu dapat menjadi
bumerang pula pada kita, karena kita akan direpotkan oleh urusan intern
perusahaan, sementara diluar sana para pesaing sudah melaju jauh bak
roket meninggalkan kita yang notabene masih stuck pada produk
lama kita yang selalu kita tambal kekurangannya. Kita pun harus ingat
tak ada gading yang tak retak, jadi tidak akan pernah ada produk yang
sempurna, jadi maksimalkanlah kelebihan yang ingin kita tonjolkan untuk
produk kita. Apabila kita ingin memaksimalkan pelayanan jasa dari produk
kita dengan melakukan delivery service tercepat yang pernah ada, ya
lakukanlah. Karena dengan menjadi yang terbaik dibidang delivery service
bukan tidak mungkin target pasar yang awalnya memilih produk pesaing
menjadi berpaling kepada produk kita dan produk kita bisa menjadi top of
mind di benak pelanggan dan dapat menciptakan keuntungan bagi
perusahaan.. Selain itu, terus lakukanlah improvement improvement yang
dapat meningkatkan mutu dan nilai tambah dari kelebihan yang ingin kita
tonjolkan tersebut. Karena improvement adalah senjata perang kita untuk
menjadi yang terbaik diantara para pesaing yang notabene akan selalu ada
dan jumlahnya akan terus bertambah yang selalu akan menghantui bisnis
ataupun perusahaan yang kita bangun.
Contoh
produk yang terbaik adalah Coca cola. Coca cola memang telah lama
melintang diindustri minuman didunia ini. Hal ini disebabkan selain
karena coca cola ini bagian dari sejarah Amerika, cara pendistribusian
produk mereka pun sangat baik, padahal produk mereka ini sudah tersebar
diseluruh pelosok dunia, tapi mereka bisa memanage itu semua sehingga
mereka dapat menjadi produk yang terbaik bukan hanya di Amerika tetapi
pula didunia.
Rijal Blog: Strategi Untuk Memenangkan Persaingan >>>>> Download Now
BalasHapus>>>>> Download Full
Rijal Blog: Strategi Untuk Memenangkan Persaingan >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Rijal Blog: Strategi Untuk Memenangkan Persaingan >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK